Kuman Diare Menyebar Lewat Alat Makanan

Tahukah anda bahwa kuman diare menyebab bukan hanya lewat lalat saja, ternyata kuman diare menyebar lewat alat makanan juga?

Disungai Cikapundung yang banyak dipenuhi sampah bisa meningkatkan risiko masyarakat sekitar terserang beberapa jenis penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi yang rentan yaitu penyakit diare.

Dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RS Cipto Mangunkusumo yaitu dr Erni J Nelwan, SpPD-KTPI dari Divisi Tropik-infeksi mengatakan bahwa kuman diare biasanya akan masuk ke tubuh melalui makanan dan juga air minum. Untuk sampai ke makanan si kuman ini akan menumpang pada lalat.

Risiko kuman diare yang terdapat pada makanan sebetulnya bisa hilang apabila makanan dipanaskan terlebih dahulu. Makanan yang dipanaskan bisa membuat kuman diare yang ada mati serta tidak berbahaya lagi bagi kesehatan.

Akan tetapi dr Erni menambahkan bahwa hinggapnya lalat pada makanan bukanlah satu-satunya jalan kuman diare masuk ketubuh. Ada beberapa cara lain seperti melalui alat makan yang digunakan.

Selain melalui alat makan, kuman diare juga bisa berada di benda – benda lain yang sudah dihinggapi lalat. Lalat pembawa kuman diare biasa hinggap dimana saja, bisa digagang pintu, pakaian, sampai benda lainnya.

Maka dari itu dr Erni mengingatkan masyarakat untuk selalu tidak menyepelekan cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Cuci tangan dengan sabun sebelum makan bisa membunuh kuman yang ada ditangan serta mengurangi risiko terserang diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *